Cara Membuat HP Android Menjadi Hotspot Portable

Cara Membuat HP Android Menjadi Hotspot Portable - Internet saat ini seakan tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan yang dilakukan seseorang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan internet. Bila anda ingin mencari sebuah informasi mengenai sesuatu entah itu berhubungan dengan kebidupan nyata ataupun hanya sebuah imajinasi belaka pasti bisa anda temukan jawabannya lewat internet. Contoh untuk kehidupan nyata misalnya anda ingin mencari sebuah resep masakan, gosip yang sedang hangat, mencari data untuk tugas sekolah, dan tentunya masih banyak lagi. Dan yang paling menarik yaitu mencari sesuatu yang bisa dibilang aneh atau tidak masuk akal semuanya ada di internet. Seperti sebuah mitos, hal-hal takhayul, dan semua yang berhubungan dengan yang diluar nalar pasti bias anda temukan di internet.

Cara Membuat HP Android Menjadi Hotspot Portable 

Cukup dulu ya membahas masalah internetnya, kini langsung menuju pokok bahasan utama yaitu bagaimana cara membuat smartphone android diubah menjadi sebuah hotspot portable yang bisa dihubungkan dengan laptop supaya dapat digunakan untuk mengakses internet. Perlu diketahui bahwa tidak semua smartphone android mendukung fitur hotspot portable. Jadi kalau ponsel anda tidak mengandung fitur ini didalamnya maka jangan berharap bisa untuk menjadikannya sebuah hotspot.

Disini yang saya gunakan adalah ponsel Lenovo A369 yang sudah mendukung fitur hotspot portable. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android Jellybean didalamnya. Mungkin akan ada sedikit perbedaan dari setiap ponsel tentang bagaimana cara melakukan pengaturannya. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan ponsel anda dan perangkat yang ingin anda hubungkan dengannya. Kedua pastikan bahwa pulsa diponsel anda cukup untuk melakukan koneksi data. Saya sarankan untuk mendaftarkan dulu nomor anda untuk mengikuti paket data yang disediakan operator anda. Jika tidak jangan kaget kalau pulsa anda akan tersedot habis hanya dengan membuka halaman Google saja.

Langkah pertama yaitu mengatur ponsel. Masuklah ke menu utama Android kemudian pilihlah opsi pengaturan biasanya iconnya seperti gambar roda gigi. Kemudian pada tab Nirkabel dan Jaringan pilihlah Selengkapnya.... Akan muncul lagi beberapa opsi lalu pilihlah ‘Menambatkan & hotspot portable’ Setelah terbuka nyalakan penambatan dengan merubah posisi status dari Mati ke Hidup dan penambatan hospot pun sudah aktif.

Selanjutnya yaitu mengatur konfigurasi hotspot. Yang paling penting disini adalah mengatur kata sandinya. Ini dimaksudkan untuk melindungi hotspot anda dari orang-orang yang ingin mendapatkan akses gratisan dengan mencuri paket data anda. Dengan adanya kata sandi ponsel anda akan terproteksi. Sehingga hanya orang yang tahu kata sandi anda-lah yang bisa menambatkan perangkatnya pada hotspot anda. Untuk kata sandinya silahkan pilih sesuai keinginan dan yang pasti mudah diingat. Selain itu pada menu pengaturan ini juga terdapat opsi ‘Penggunaan bandwith’ dimana anda dapat membatasi besarnya bandwith yang bisa digunakan si penambat data tersebut.

Setelah pengaturan ponsel selesai kini giliran laptop anda yang harus diatur setting wifi nya. Mungkin anda sudah paham bagaimana mengatur wifi di laptop anda. Jika kurang paham silahkan cari tutorialnya di internet, dan carilah informasi yang sesuai dengan merk dan seri laptop anda. Semoga sedikit informasi ini bisa membantu anda. Baca juga tips cara mempercepat koneksi internet dijamin langsung ngacir.

Cara Membuat HP Android Menjadi Hotspot Portable Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Syarat berkomentar..
Berkomentarlah dengan sopan.
Dilarang meninggalkan komentar SPAM atau link hidup
Itu saja sudah cukup.